PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1) TAHUN AKADEMIK 2021-2022

1.  KETENTUAN UMUM

a)   Lulus  pada  satuan  pendidikan  MA/MAK/SMA/SMK  sederajat  pada tahun 2019, 2020, dan 2021;

b)   Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Siswa  Nasional (NISN);

c)    Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000;

d)   Untuk menghindari Penyebaran Virus Corona COVID-19 proses pendaftaran dan ujian dilakukan secara daring (online) sebagai berikut:

–    Pendaftaran pada laman website : http://pmb.uinsu.ac.id

–    Ujian Online pada laman website: https://umm.uinsu.ac.id

2.   JADWAL PELAKSANAAN

NOKEGIATANWAKTU
1Pembayaran/Pendaftaran14 Juni s.d. 06 Juli 2021
2Finalisasi Pendaftaran14 Juni s.d. 07 Juli 2021
3Pelaksanaan Ujian Online13 dan 14 Juli 2021
4Pengumuman Kelulusan19 Juli 2021

3.  BIAYA PENDAFTARAN DAN KODE PEMBAYARAN

NOBANK PEMBAYARANKODE BAYARBIAYA (RP.)
1Bank BSI Eks BNI Syariah dan Bank Sumut0108250.000

4.  TATA CARA PEMBAYARAN

A.  Tatacara Pembayaran secara manual melalui Teller Kantor Bank BSI Eks BNI Syariah

Pembayaran dilakukan pada Bank BSI Eks BNI Syariah Seluruh Indonesia dan Bank Sumut terdekat dengan cara sebagai berikut:

      1.   Datang ke kantor cabang Bank BSI Eks BNI Syariah terdekat.

      2.   Pendaftar mengisi slip pembayaran dengan Besaran Biaya Pendaftaran dan Kode Bayar di atas.

      3.   Jika belum jelas, silahkan bertanya kepada petugas Bank BSI Eks BNI Syariah tentang tatacara pengisian slip pembayaran.

      4.   Setelah pembayaran, akan muncul ‘username’ dan ‘password‘ pada slip pembayaran, yang akan digunakan untuk Login di Portal Pendaftaran Online pada laman website: http://www.pmb.uinsu.ac.id. Contoh slip pembayaran sebagai berikut:

Catatan:

      –  Alamat kantor Bank BSI Eks BNI Syariah di seluruh Indonesia dapat dilihat pada laman: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/kontak/lokator/cabang

B.  Tatacara Pembayaran melalui mesin ATM (baik ATM BSI Eks BNI Syariah maupun BNI Konvensional)

      1.   Masukkan kartu

      2.   Tekan PIN

      3.   Pilih Menu pembayaran

      4.   Pilih Universitas

      5.   Pilih SPC

      6.   Tekan 4008 diikuti nomor “Kode Bayar” : 0108

      7.   Jika sudah sesuai nama dan nominal tekan BENAR.

      8.   Lakukan pembayaran

      9.   Selesai

C.  Tatacara Pembayaran secara manual melalui Teller Kantor Bank Sumut

      1.   Calon mahasiswa datang ke kantor operasional terdekat PT.Bank Sumut Syariah/Konvensional.

      2.   Calon mahasiswa menemui teller dan menyampaikan maksud untuk melakukan pembayaran pendaftaran ujian masuk mahasiswa baru UINSU.

      3.  Setelah itu teller meminta Calon mahasiswa untuk menyebutkan Nomor Identitas/Nomor Handphone kepada teller untuk dilakukan verifikasi data di menu teller.

      4.  Teller menginputkan Nomor Identitas/Nomor Handphone calon mahasiswa baru tersebut dan memilih jalur ujian masuk yang tersedia di menu teller.

      5.  Teller akan memastikan data calon mahasiswa pada sistem bank

      6.  Setelah rincian data setoran keluar pada sistem teller calon mahasiswa melakukan pembayaran secara tunai kepada teller sesuai dengan nominal yang ditagihkan.

      7.  Teller akan memberikan bukti kuitansi penerimaaan pembayaran biaya pendaftaran kepada Calon mahasiswa UINSU.

D.  Tatacara Pembayaran melalui mesin ATM Bank Sumut

      1.   Masuk ke menu utama.

      2.   Pilihan pembayaran → Pilih menu pendidikan

      3.   Menu pembayaran pendidikan → Biaya ujian masuk

      4.   List kode Institusi → Pilih Kode 01238- UINSU

      5.   Masukan kode perusahaan /Instansi

      6.   Keluar daftar kode dan Jurusan

      7.   Masukan 4 digit kode jurusan

      8.   Konfirmasi Pembayaran Pembelian Formulir

      9.   Keluar Struk Pembayaran beserta user & password

E.  Tatacara Pembayaran melalui Mobile Banking Bank Sumut

      1.   Calon mahasiswa login pada aplikasi mobile banking Bank Sumut dan masukan password

      2.   Tampilan pada menu mobile banking dan klik menu pembayaran

      3.   Menu pembayaran klik field Pendidikan → Rekening asal → Pilih jenis Pembayaran → Pilih Instansi UINSU → Isi Nim/Nis/Kode Bayar → Kirim

      4.   Selanjutnya keluar tampilan Pilih kategori → Klik biaya ujian masuk → Keluar tampilan Instansi → Pilih UINSU

      5.   Setelah itu keluar secara otomatis kode jurusan pada kolom → Kirim

      6.   Setelah itu keluar tampilan data tagihan pada menu mobile → Ketik kode verifikasi 3 huruf dan pin 6 digit pada kolom → Kirim → Ok → Keluar tampilan transaksi sukses beserta Username dan Password

5.  TATA CARA PENDAFTARAN

      1.   Setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan Bukti Slip Pembayaran, lakukan Pendaftaran secara online pada laman website: http://pmb.uinsu.ac.id.

      2.   Pada kolom ‘Username’ dan ‘Password’, isikan ‘username’ dan ‘password’ yang ada di Bukti Slip Pembayaran bank.

3. Klik tombol ‘Login’ dan kemudian anda akan masuk ke Form pendaftaran sebagai berikut.

Field yg mempunyai tanda Bintang (*), wajib diisi, Isikan data dengan Benar dan Lengkap (akan diverifikasi), Foto yang diupload berbentuk Pas Foto.

4. Isi seluruh Form, (klik ‘Next’ hingga Form/Page ke-7). Seperti form dibawah ini :

5.  Download dan Print Kartu Ujian. Kartu Ujian dan tanda pengenal (KTP) dibawa ketika mengikutiUjian.

*di dalam kartu ujian terdapat beberapa informasi tentang jadwal, jam dan tempat penyelenggaraan ujian, dan materi ujian.

6.  TATA CARA MENGIKUTI UJIAN MANDIRI SECARA DARING (ONLINE)

Ujian Mandiri secara daring (online) dilakukan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

      1.   Peserta melaksanakan Ujian Masuk Mandiri secara daring di rumah masing-masing dengan mengakses ke laman https://umm.uinsu.ac.id

      2.   Ujian dapat dilakukan menggunakan HP/Smartphone, tablet, laptop ataupun PC yang terkoneksi ke Internet.

      3.   Pastikan koneksi internet peserta dalam kondisi baik saat ujian berlangsung, jika koneksi terputus ujian tetap dapat dilanjutkan setelah internet terhubung kembali.

      4.   Pelaksanaan ujian dilakukan sesuai dengan jadwal hari yang telah ditentukan di kartu ujian peserta, namun untuk jam pelaksanaannya bebas selama dilakukan di hari yang sama.

      5.   Ujian hanya dapat dilakukan 1 kali kesempatan saja, tidak dapat diulang setelah anda mengklik tombol submit (kirim).

      6.   Durasi ujian dibatasi hingga 90 menit, 1 kali sesi dengan 4 kategori soal yaitu: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dengan jumlah 20 soal per masing-masing kategori.

Demikian Pengumuman ini disampaikan, apabila terdapat hal-hal yang perlu diperjelas silahkan bergabung pada group Telegram https://t.me/UjianMasukS1DaringUINSU