PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI MATEMATIKA

PROFIL DESKRIPSI
KonsultanSeorang tenaga professional yang mampu melayani jasa konsultasi berupa memodelkan masalah sosial ke dalam model matematika, konsultasi statistika.
Asisten PenelitiOrang yang mampu melakukan pengumpulan data, pengolahan data, menganalisis dan menarik kesimpulan karya ilmiah
AkademisiOrang yang mampu mengajar pada lembaga pendidikan formal dan nonformal
PraktisiOrang yang mampu mengaplikasikan matematika dalam dunia bisnis, pemerintahan/swasta, perbankan dan asuransi


SIKAP DAN TATA NILAI

NO DESKRIPSI
1Bertakwa kepadaTuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasakan agama, moral, dan etika;
3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;
6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.


DESKRIPSI KEMAMPUAN DI BIDANG KERJA

PARAMETER DESKRIPSI UNSUR-UNSUR DESKRIPSI
Profil:
Tenaga teknis, asisten peneliti, Penata Muda, Wirausahawan, Manajer
Mampu mengembangkan pemikiran matematis. Kemampuan ini dapat dikembangkan dengan memberikan pemahaman prosedural / komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaranan logis, generalisasi, abstraksi dan bukti formal.

Mampu mengamati, mengenali, merumuskan dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan piranti lunak.
Kemampuan ini dapat dikembangkan dengan memberikan pengalaman mengolah dan menganalisis data hasil observasi dan eksperimen. Dengan demikian kurikulum perlu memasukkan kegiatan praktikum. Praktikum yang baik selain memberikan pengalaman dan kemampuan mengukur besaran-besaran fisis juga memberikan pengalaman mengolah dan menganalisis data hasil pengukuran atau observasi. Besaran-besaran fisis yang diukur secara langsung atau tidak langsung harus mencakup besaran-besaran fisis dalam matematika. Penguasaan perangkat “tools” seperti komputasi pada bidang riset operasi dan statistika perlu dilengkapi dengan pengalaman kerja motorik melalui praktikum.

Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis/berpikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematis dari suatu fenomena, mengkaji keakuratan dan mengintepretasikannya serta mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis dengan tepat, dan jelas.
Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui pemberian pengalaman membuat laporan tertulis yang sesuai dengan kaidah ilmiah baku dan mempresentasinya. Untuk itu maka kurikulum perlu mensyaratkan bahwa praktikum harus dilengkapi dengan pembuatan laporan tertulis, hasil riset tugas akhir harus dituliskan dalam bentuk buku skripsi (akan diperoleh nilai lebih apabila hasil riset tugas akhir juga dituliskan dalam tulisan berbentuk seperti makalah pada jurnal ilmiah), serta adanya tugas-tugas pada sejumah matakuliah yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut.

Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat .

Mampu beradaptasi atau mengembangkan diri, baik dalam bidang matematika maupun bidang lainnya yang relevan (termasuk bidang dalam dunia kerjanya)
.
Penguasaan Pengetahuan

Profil:
Akademisi, Konsultan
Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
Matematika dasar berupa konsep dasar teoritis meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika. Mengacu pada teori matematika maka penguasaan konsep dan prinsip tersebut mencakup penguasaan konsep dan prinsip pada bidang-bidang tersebut.. Dengan demikian matakuliah-matakuliah wajib pada kurikulum harus mencakup topik-topik pokok pada bidang-bidang tersebut.

Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik.
Matematika Riset Operasi dan Statistika merupakan “tools” untuk penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip Matematika pada permasalahan matematis pada bidang pemodelan matematika, program linier, persamaan diferensial dan metode numerik. Tingkat penguasaan “tools” tersebut sampai pada suatu taraf yang setingkat dengan materi pada butir sebelumnya. Prinsip dan konsep serta aplikasinya yang dipilih harus yang mendukung pemahaman konsep dan prinsip Matematika yang terdapat dalam topik-topik Matematika tersebut.
Pembuat Keputusan (Decision Maker)Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi penelitian ilmiah dengan memanfaatkan pengetahuan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis dalam bidang Matematika secara komprehensif dan berkelanjutan.

Mampu memotivasi dan mengarahkan sumberdaya di bawah tanggungjawabnya sehingga menghasilkan kualitas kerja yang efektif dan efisien dalam bidang Matematika.