Webinar Series 9

Program Studi Matematika UIN Sumatera Utara Medan bersama Program Studi Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta ADMAPETA PTKI melaksanakan WEBINAR Series 9 Dorum Dekan FST (Fakultas Sains dan Teknologi) Prodi Matematika PTKIN. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Program Studi Matematika PTKIN. Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Hj Sri Harini, M.Si selaku dekan FST UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan juga ketua forum dekan FST di lingkungan PTKIN, beliau mengutarakan “matematika merupakan Mother of Science sehingga para peserta bisa mendapatkan pandangan dan ilmu yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua”. Dalam sambutan Dekan FST UIN Sumatera Utara Medan yang diwakili Dr. M Ridwan, M.Ag mengutarakan “Kegiatan ini sangat positif sekali dan dapat berguna kedepannya, dimana matematika dapat dikembangkan ke berbagai aspek keilmuan”.

Dr.Ibrahim, M.Pd selaku ketua ADMAPETA PTKI menyampaikan sambutan pada agenda webinar, beliau mengutarakan “kegiatan ini dapat menambah wawasan para peserta dimana narasumber kali ini memaparkan bahwa matematika bukan hanya untuk menjadi guru saja, melainkan dapat di kembangkan  ke fenomena saat ini”

Webinar Series 9 menghadirkan 2 narasumber, Rina Widyasari, M.Si selaku narasumber I membawakan materi “ Multiple Objective Stochastic Programing Model” Pemaparan narasumber I menyajikan model pemrograman multiobjektif stokastik untuk mengoptimalkan modal kerja UMKM di Indonesia, dengan fokus pada profitabilitas dan likuiditas. Makalah ini menyarankan penelitian di masa mendatang harus mempertimbangkan untuk memasukkan variabel tambahan demi solusi yang lebih komprehensif.  Mohammad Jamhuri, M.Si sebagai narasumber 2 membawakan materi “Optimal Neural Network dengan Gauss-Newton untuk Prediksi Mutasi SARS-Cov-2” pemaparan narasumber 2 menyajikan Prediksi mutasi berulang protein spike SARS-CoV-2 menggunakan regresi multi-peubah dan klasifikasi multi-label terhadap 5 Varian Covid yang teridentivikasi.

Selaku pantia ketua program studi matematika UIN Sumatera Utara Medan, Dr. Ismail Husein, M.Si mengucapakan terimakasih ke semua pihak yang terlibat dalam membantu kegiayan ini dan berharap semoga kedepan kegiatan ini terus berlanjut sebagai bagian peningkatan budaya akademik di kampus UIN Sumatera Utara Medan.